Pengaruh Metode Bercerita dengan Gambar dalam Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Anak Usia Dini

Authors

  • Lina Sari Universitas Negeri Padang
  • Prima Aulia Universitas Negeri Padang

DOI:

https://doi.org/10.35719/gns.v2i2.54

Keywords:

early childhood, story telling with pictures, communication skills, anak usia dini, bercerita dengan gambar, kemampuan komunikasi

Abstract

Abstract

The issue discussed is that several children's communication skills are still low. So, this study aims to determine the effects of storytelling with pictures in improving early childhood communication skills. This study uses a quantitative approach with the type of Quasy Experiment research. The research sample consisted of two groups, namely the experimental and control groups with 17 children each. This research took place in TK Negeri 01 Tiumang, Dharmasraya Regency. Data collection techniques in the form of tests, observations, and documentation, with quantitative analysis. Based on the post-test scores of the experimental group, it was found that there was an increase in the average score of children's communication skills before and after being given treatment, from 12.05 to 17.23. Furthermore, the results of the calculation of the Man-Whitney test show that the Asymp value. Sig (2-tailed) 0.001 is smaller than 0.05 (0.001 < 0.05), so that the results of the study show that there is a significant effect of using the storytelling method with pictures in improving early childhood communication skills. then the results of the effect size test show that the effect is high with a total of 0.899 (d > 0.8).

 

Abstrak

Permasalahan pada penelitian adalah kemampuan komunikasi anak yang tergolong masih rendah. Tujuan dari penelitian ini ialah untuk mengetahui pengaruh metode bercerita dengan gambar dalam meningkatkan kemampuan komunikasi anak usia dini. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif yang berjenis Quasy Experiment. Sampel penelitian terdiri dari dua kelompok, yaitu kelompok eksperimen dan control, masing-masing kelompok sebanyak 17 orang anak. Penelitian ini bertempat di TK Negeri 01 Tiumang Kabupaten Dharmasraya. Teknik pengumpulan data berupa tes, observasi, dan dokumentasi, dengan menggunakan analisis kuantitatif. Berdasar pada nilai post-test, diperoleh adanya kenaikan skor, rata-rata kemampuan komunikasi anak sebelum dan sesudah diberikan perlakuan pada kelompok eksperimen, yakni dari 12,05 menjadi 17,23. Selanjutnya, dari hasil perhitungan uji Man-Whitney menunjukkan bahwa nilai Asymp. Sig (2-tailed) 0,001 lebih kecil dari 0,05 (0,001 < 0.05), sehingga diperoleh hasil penelitian bahwa ada pengaruh yang signifikan penggunaan metode bercerita dengan gambar dalam meningkatkan kemampuan komunikasi anak usia dini. Lalu dari hasil uji effect size menunjukkan efeknya tergolong tinggi dengan jumlah 0,899 (d > 0,8).

References

Bahri, Syaiful. Metodologi Penelitian Bisnis Lengkap Dengan Teknik Pengolahan Data SPSS. 1st ed. Yogyakarta: ANDI, 2018.

Gandana, Gilar. Komunikasi Terapeutik Dalam Pendidikan Anak Usia Dini?: Panduan Bagi Guru, Calon Guru, Dan Orang Tua. 2nd ed. Tasikmalaya: Ksatria Siliwangi, 2018.

Kartini, Farida. Edukasi Holistik Meningkatkan Self Efficacy Ibu Menghadapi Persalinan. Yogyakarta: Universitas Aisyiyah Yogyakarta, 2021.

M., Desiani Natalina, and Gilar Gandana. Komunikasi Dalam PAUD. 2nd ed. Tasikmalaya: Ksatria Siliwangi, 2018.

Madyawati, Lilis. Strategi Pengembangan Bahasa Pada Anak. Jakarta: Kencana Prenada Media Group, 2016.

Nugraha, Ni Made Sri Astuti, A.A. Istri Ngurah Marhaeni, and Nyoman Tika. “Penggunaan Metode Bercerita Dengan Media Gambar Dalam Upaya Meningkatkan Kemampuan Berbahasa Dan Sikap Mandiri Anak Kelompok A TK Negeri Pembina Bangli Tahun Ajaran 2012/2013.” Jurnal Program Studi Pendidikan Dasar Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha 4 (2014).

Payadnya, I Putu Ade Andre, and I Gusti Agung Ngurah Trisna Jayantika. Panduan Penelitian Eksperimen Beserta Analisis Statistik Dengan SPSS. Yogyakarta: Deepublish, 2018.

Rahayu, Istihanah. “Peningkatan Keterampilan Menyimak Cerita Menggunakan Media Audio Visual Kelas V SD.” JPGSD?: Jurnal Penelitian Pendidikan Guru Sekolah Dasar 1, no. 2 (2013).

Santoso, Singgih. Statistik Multivariat?: Konsep Dan Aplikasi Dengan SPSS. Jakarta: PT Elex Media Komputindo, 2010.

Setyawan, Febri Endra Budi. Pedoman Metodologi Penelitian (Statistika Praktis). Sidoarjo: Penerbit Zifatama Jawara, 2017.

Soetjiningsih, Christiana Hari. Perkembangan Anak?: Sejak Pembuahan Sampai Dengan Kanak-Kanak Akhir. Jakarta: Kencana Prenada Media Group, 2012.

Susanto, Ahmad. Perkembangan Anak Usia Dini: Pengantar Dalam Berbagai Aspeknya. 1st ed. Jakarta: Kencana Prenada Media Group, 2011.

Syukur, Abdul, and Meo Melianus Tefanai. “Meningkatkan Kemampuan Berkomunikasi Anak Melalui Metode Cerita Bergambar Pada PAUD Kelompok B.” Jurnal PG-PAUD Trunojoyo?: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Anak Usia Dini 4, no. 2 (2017). https://doi.org/https://doi.org/10.21107/pgpaudtrunojoyo.v4i2.3577.

Widianti, Ida Ayu Komang Sri, MS Ni Ketut Suarni, and Nice Maylani Asril. “Penerapan Metode Bercerita Dengan Media Gambar Untuk Meningkatkan Keterampilan Berbicara Pada Anak.” Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Undiksha 3, no. 1 (2015). https://doi.org/http://dx.doi.org/10.23887/paud.v3i1.6010.

Yulingga Nanda Hanief, and Wasis Himawanto. Statistik Pendidikan. 1st ed. Yogyakarta: Deepublish, 2017.

Downloads

Published

2021-12-27

How to Cite

Sari, Lina, and Prima Aulia. 2021. “Pengaruh Metode Bercerita Dengan Gambar Dalam Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Anak Usia Dini”. GENIUS: Indonesian Journal of Early Childhood Education 2 (2):127-40. https://doi.org/10.35719/gns.v2i2.54.