Penerapan Peraturan dan Prosedur terhadap Pembentukan Kedisiplinan Siswa Taman Kanak-Kanak dalam Pembelajaran Daring

Authors

  • Cicilya Margareta Naibaho Universitas Pelita Harapan
  • Wiputra Cendana Universitas Pelita Harapan
  • Tia Kartika Araini Universitas Pelita Harapan

DOI:

https://doi.org/10.35719/gns.v2i2.53

Keywords:

peraturan dan prosedur, konsistensi, kedisiplinan, siswa taman kanak-kanak

Abstract

Abstract

Forming the discipline of kindergarten children is essential based on their development. They have not been able to think about the consequences of what they do. At this stage of development, students need educators with integrity to facilitate students in forming their discipline character. The fact of the problem was found by students’ behavior which less discipline by not obeying rules and procedures in the classroom. The purpose of writing is to determine the impact by rules and procedures that are applied consistently in forming kindergarten discipline during online learning through the qualitative descriptive method on practicum results and other relevant journals. Rules and procedures that are applied consistently in the classroom aim to familiarize students so that they can build their discipline. As a result, rules, and procedures that are applied consistently have a positive impact on changing the students’ behavior. The advice that the author gives to the kindergarten teacher in building students discipline is to be able to find other disciplinary methods.

 

Abstrak

Pembentukan kedisiplinan siswa TK merupakan hal penting, di mana berdasarkan perkembangannya, mereka belum dapat memikirkan konsekuensi atas tindakan yang dilakukannya. Pada tahap perkembangan tersebut, siswa TK membutuhkan seorang pendidik dengan integritas yang benar untuk dapat memfasilitasi pembentukan karakter kedisiplinan mereka. Fakta permasalahan yang didapati, adanya perilaku siswa yang kurang disiplin selama pembelajaran dengan tidak menaati peraturan dan prosedur yang berlaku. Tujuan penelitian penulisan paper ini ialah mengetahui pengaruh penerapan peraturan dan prosedur terhadap pembentukan kedisiplinan siswa Taman Kanak-Kanak pada pembelajaran daring, melalui metode penelitian deskriptif kualitatif terhadap hasil praktikum, dan jurnal-jurnal yang relevan. Peraturan dan prosedur yang diterapkan secara konsisten dalam kelas bertujuan untuk membiasakan siswa akan keteraturan sehingga hal tersebut dapat membentuk kedisiplinan siswa. Sesuai dengan hasil penelitian yang penulis lakukan pada salah satu kelas di sebuah Taman Kanak-Kanak, penulis mendapati bahwa penerapan peraturan dan prosedur secara konsisten, memberikan pengaruh terhadap perubahan perilaku kurang disiplin ke arah yang positif. Saran diberikan dalam membentuk kedisiplinan siswa untuk menggunakan metode pendisiplinan lain yang sesuai dengan karakter siswa TamanKanak-Kanak.

References

Cahyaningrum, Eka Sapti, Sudaryanti Sudaryanti, and Nurtanio Agus Purwanto. “Pengembangan Nilai-Nilai Karakter Anak Usia Dini Melalui Pembiasaan Dan Keteladanan.” Jurnal Pendidikan Anak 6, no. 2 (2017): 203–13. https://doi.org/https://doi.org/10.21831/jpa.v6i2.17707.

Fitriani, Rohyana, and Rabihatun Adawiyah. “Perkembangan Fisik Motorik Anak Usia Dini.” Jurnal Golden Age Hamzanwadi University 3, no. 1 (2018): 25–34. https://doi.org/https://doi.org/10.29408/goldenage.v2i01.742.

Hendra, Vitaurus. “Peran Orang Tua Dalam Menerapkan Kasih Dan Disiplin Kepada Anak Usia 2-6 Tahun Sebagai Upaya Pembentukan Karakter.” KURIOS?: Jurnal Teologi Dan Pendidikan Agama Kristen 3, no. 1 (2015): 48–65. https://doi.org/https://doi.org/10.30995/kur.v3i1.29.

Kharisma, Canggih, and Suyatno. “Peran Guru Dalam Menanamkan Karakteri Disiplin Siswa Di Sekolah Dasar Negeri Bleber 1 Prambanan Sleman.” Jurnal Fundadikdas (Fundamental Pendidikan Dasar) 1, no. 2 (2018): 131–39. https://doi.org/https://doi.org/10.12928/fundadikdas.v1i2.656.

Kumayas, Novia Salfrien, and Wiputra Cendana. “Penerapan Peraturan Dan Prosedur Kelas Guna Mendisiplinkan Siswa Sekolah Dasar Dalam Pembelajaran Virtual.” Jurnal Elementaria Edukasia 4, no. 1 (2020): 25–30. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.31949/jee.v4i1.3037.

Mackenzie, Robert J., and Lisa Stanzione. Setting Limits in the Classroom, 3rd Edition: A Complete Guide to Effective Classroom Management with a School-Wwide Discipline Plan. 3rd ed. New York: Three Rivers Press, 2010.

Noviyanti, Ayu Kristiana, and Eunice Widyanti Setyaningtyas. “Partisipasi Pembelajaran Siswa Dalam Pembelajaran Dengan Classroom Rules.” Journal of Educational Research and Evaluation 1, no. 2 (2017). https://doi.org/http://dx.doi.org/10.23887/jere.v1i2.10071.

Prasetyo, Nana. Membangun Karakter Anak Usia Dini. Jakarta: Direktorat Pembinaan Pendidikan Anak Usia Dini Direktorat Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini Nonformal dan Informal Kementerian Pendidikan Nasional, 2011.

Raco, Jozef R. Metode Penelitian Kualitatif?: Jenis, Karakteristik Dan Keunggulannya. Edited by Arita L. Jakarta: Grasindo, 2010.

Rukin. Metodologi Penelitian Kualitatif. 1st ed. Takalar: Yayasan Ahmar Cendekia Indonesia, 2019.

Sit, Masganti. Psikologi Perkembangan Anak Usia Dini. 1st ed. Jakarta: Kencana Prenada Media Group, 2017.

Sukarna. “Integritas Seorang Pendidik.” Jurnal Teologi Gracia Deo 1, no. 1 (2018): 14–22. https://doi.org/https://doi.org/10.46929/graciadeo.v1i1.18.

Suradi. “Pembentukan Karakter Siswa Melalui Penerapan Disiplin Tata Tertib Sekolah.” Briliant?: Jurnal Riset Dan Konseptual 2, no. 4 (2017): 522–33. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.28926/briliant.v2i4.104.

Thompson, Ross. “Social and Personality Development in Childhood.” In Introduction to Psychology: The Full Noba Collection. Champaign, Illinois: DEF Publisher, 2021.

Wiyani, Novan Ardy, and Rose Kusumaning Ratri. Manajemen Kelas?: Teori Dan Aplikasi Untuk Menciptakan Kelas Yang Kondusif. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media, 2016.

Downloads

Published

2021-12-30

How to Cite

Naibaho, Cicilya Margareta, Wiputra Cendana, and Tia Kartika Araini. 2021. “Penerapan Peraturan Dan Prosedur Terhadap Pembentukan Kedisiplinan Siswa Taman Kanak-Kanak Dalam Pembelajaran Daring”. GENIUS: Indonesian Journal of Early Childhood Education 2 (2):165-74. https://doi.org/10.35719/gns.v2i2.53.